Berita dan Artikel

Prediksi Ketua KI Sumbar, Banyak Kejutan Objek Sengketa di 2020

Berita dan Artikel

Prediksi Ketua KI Sumbar, Banyak Kejutan Objek Sengketa di 2020

Komisi Informasi sebagai lembaga buatan UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dengan tugas menerima, memeriksa dan memutus sengketa informasi, untuk tahun 2020 konten sengketa bakal banyak kejutan.

“Kecendrungan publik memggunakan haknya berdasarkan UU 14 tahun 2008 makin meningkat, jika badan publik tidak siap, Komisi Informasi (KI) memprediksi sengketa informasi di Sumbar banyak kejutan,”ujar Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, sebelum sidang sengketa informasi publik, Kamis (9/1) di kantor KI Sumbar jalan Sisingamaraja nomor 36.

Menurut Wakil Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi, setelah sukses 2019 tuntaskan penyelesaian sengketa lewat ajudikasi dan/atau mediasi, pada Januari ini ada delapan register sengketa informasi publik harus dituntaskan KI Sumbar.

“Dua hari Rabu dan Kamis ini (8-9 Januari) KI Sumbar memulai sidang perdana di 2020, ada enam sengketa informasi publik masuk sidang pemeriksaan awal,” ujar Adrian.

Sementara Ketua bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik KI Sumbar Arif Yumardi membenarkan prediksi Ketua KI Sumbar soal objek sengketa banyak kejutan tahun ini.

“Betul kata ketua Nofal, sidang awal ini objek selain soal tanah gugatan principal, ada Walhi yang sengketa informasi publiknya soal Amdal dan IUP, bahkan di daftar register juga ada sidang dengan objek pengadaan barang dan jasa di Dinas Pendidikan Sumbar,” ujar Arif.

 

Disadur dari : prokabar.com

Bagikan :