HOME

Berita dan Artikel

PPID Berperan Menangkal Kabar Bohong

Publis : Sep 2, 2020

PPID Padang– Di era digital 4.0 ini, dunia maya menjadi rujukan informasi bagi siapa saja. Kabar benar dan kabar bohong berseliweran tanpa henti. Jika tak pandai-pandai menyaring, kabar bohong akan terserap dan tersiarkan ke khalayak banyak.

“Kita (Pemerintah Kota Padang) merupakan lembaga yang menjadi rujukan informasi bagi masyarakat. Sudah seyogianya Pejabat Pengelola Infromasi dan Dokumentasi (PPID) menangkal kabar bohong dan memberikan informasi yang benar serta transparan kepada masyarakat,” ujar Asisten Administrasi Umum Setdako Padang, Didi Aryadi saat membuka Bimbingan Teknis Admin PPID se-Kota Padang di Balaikota Padang, Kamis (6/8/2020).

Dijelaskannya, PPID begitu besar peranannya dalam mengabarkan suatu informasi kepada masyarakat. Diharapkannya, PPID di Pemko Padang mendapat ilmu pengetahuan yang cukup banyak dari narasumber saat pelaksanaan bimbingan teknis.

“Sehingga nantinya PPID kita menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan benar dan tidak bias,” sebut Asisten III ini mewakili Wali Kota Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Padang melalui Kabid IKPSP Marwansyah mengatakan bahwa kegiatan bimtek admin PPID ini merupakan keharusan. Meski di tengah masa pandemi, kegiatan tersebut perlu dilaksanakan agar nantinya informasi yang diberikan kepada masyarakat menjadi jelas.

“Kita harapkan sharing ilmu pengetahuan kali ini dapat dimanfaatkan oleh peserta dengan baik,” katanya didampingi Kasi IKP Charlie Ch. Legi.

Kegiatan bimtek admin PPID ini dilaksanakan selama sehari penuh. Dinas Kominfo Kota Padang menghadirkan dua narasumber dari Dinas Kominfo Pemprov Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, serta 52 admin PPID se-Kota Padang. Nampak hadir Kabid IKP Dinas Kominfo Pemprov Sumbar Indra Sukma, Kepala Bidang Kelembagaan KI Sumbar Tati Endang, serta Kadiskominfo Kota Padang Rudy Rinaldy.(Charlie Ch. Legi)