05 Apr 2020 | 05:13

Sistem Informasi & Dokumentasi Publik Kota Padang

UBH Terapkan Kurikulum Revolusi Industri 4.0

Di posting tanggal : 30 Aug 2019

Padang, InfoPublik - Universitas Bung Hatta (UBH) akan menerapkan kurikulum revolusi industri 4.0 pada tahun ajaran 2019/2020. Sasaran dari kurikulum ini adalah untuk menghasilkan lulusan UBH yang berkualitas dan terampil berbahasa Inggris serta terampil memanfaatkan teknologi informasi.

Rektor UBH Azwar Ananda, Kamis (29/8/2019) mengatakan, kurikulum tersebut sangat releven dengan tantangan dan kebutuhan zaman saat ini.

Kurikulum ini dirancang dengan membuat 3 mata kuliah bahasa Inggris, seperti percakapan bahasa Inggris I, percakapan bahasa Inggris II, dan TOEFL Preparation.

Ketiga mata kuliah itu disebar ke setiap semester secara berkala. Untuk praktik perkuliahan di tiga mata kuliah bahasa Inggris itu, UBH mengundang dosen tamu dari Oxford untuk mengajar melalui tatap muka dan secara online.

Dilanjutkan Rektor, tidak hanya cakap berbahasa Inggris, UBH juga mempersiapkan lulusannya agar terampil dengan ilmu teknik informatika.

"Selain Bahasa Inggris, mata kuliah yang berbasis IT juga telah dipersiapkan agar para lulusan tidak ketinggalan atas perkembangan zaman (gaptek)," jelas Azwar Ananda.

Rektor mencontohkan lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBH, misalnya. Mereka tidak hanya diharapkan sekadar mampu menjadi guru Bahasa Indonesia, tetapi juga ditargetkan mampu menjadi konten kreator, tim kreatif dalam sebuah lembaga atau perusahaan, bahkan bekerja di perusahaan yang kredibel.

Rektor melanjutkan, di tengah ketatnya persaingan dalam memasuki dunia kerja, dua kompetensi itulah yang dibutuhkan pasar kerja saat ini.

Sehingga UBH terlebih dahulu mempersiapkan para lulusan yang berkualitas melalui kurikulum yang telah disusun oleh para tim dari universitas dan fakultas.

"Kami di UBH sangat serius menargetkan agar para lulusan terampil dan siap memasuki pasar dunia kerja," tutur Rektor. (MC Padang/Aisha/toeb)

Diskominfo Kota Padang