02 Jul 2020 | 23:39

Sistem Informasi & Dokumentasi Publik Kota Padang

Sekolah dan Madrasah di Padang Hiking Muhibah

Di posting tanggal : 01 Sep 2019

Padang, InfoPublik - Menyambut Tahun Baru Hijriah sekaligus menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, sekolah dan madrasah di Koto Tangah, Padang, Sumatra Barat berinovasi dengan menggelar hiking muhibah (persahabatan). Kegiatan ini diikuti sekitar 1.200 siswa dari lima sekolah dan madrasah di kecamatan tersebut.

Kegiatan perdana yang menggabungkan sekolah dan madrasah ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi lintas pendidikan, serta meningkatkan kesatuan serta persatuan anak nagari di madrasah dan sekolah tersebut.

Kegiatan ini dibuka Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri Albukhari. Menurut dia, kegiatan ini untuk menciptakan kondisi yang sangat harmonis, rukun, menghilangkan batasan antarsekolah dan madrasah demi persatuan bangsa dan negara.

"Adanya kegiatan ini diharapkan nantinya turut mewujudkan dinamika yang luar biasa di tengah masyarakat, walaupun berbeda lembaga pendidikan, namun satu tujuan, yakni memperjuangkan nagari dan membela tanah air," jelas dia, Sabtu (31/8/2019).

Sekolah dan madrasah yang mengikuti kegiatan hiking muhibah tersebut yakni, MAN 3 Padang, SMPN 16, MTsN 3, SMK Pertanian dan SMAN 13. Perjalanan yang ditempuh sekitar delapan kilometer itu dimulai dari MAN 3 Padang dan berakhir di SMAN 13.

Kepala MAN 3, Afrizal menambahkan, latar belakang kegiatan ini untuk menghindari persaingan di antara siswa yang memicu tawuran. Agar nantinya mampu memberikah rasa saling menghargai antar siswa berbeda lembaga nantinya.

“Siswa sekolah dan madrasah yang mengikui kegiatan ini yakni kelas X untuk SMA dan MAN, dan kelas IX untuk SMP dan MTsN, ke depan nantinya kita akan terus bersinergi dan mengembangkan kegiatan ini, sehingga di kegiatan berikutnya semakin ramai dan banyak sekolah yang ikut serta," pungkas dia.(MC Padang/Des/CH)

Diskominfo Kota Padang