22 Oct 2019 | 16:00

Sistem Informasi & Dokumentasi Publik Kota Padang

Ketiadaan Sengketa Informasi Publik, PPID Berjalan Baik

Di posting tanggal : 29 Sep 2019

 

Padang, InfoPublik – Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Utama Pemerintah Kota Padang Swesti Fanloni menekankan, nihilnya sengketa informasi yang difasilitasi Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat menandakan PPID seluruh kabupaten / kota di Sumatera Barat bekerja maksimal.

Dirinya juga berharap, dengan menempati kantor baru, Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat semakin kuat menghadapi tantangan keterbukaan informasi.

Pekerjaan rumah KI tidak semakin ringan, karena semakin tingginya tuntutan keterbukaan informasi, dan publik kian kritis mengajukan informasi publik.

"Kita harapkan dengan adanya kantor baru, kinerja KI semakin memuaskan,” ungkap PPID Utama Pemko Padang yang juga Kabid IKPSP Dinas Kominfo Kota Padang itu di peresmian Kantor KI Sumbar di jalan Sisingamangaraja, Padang, Sabtu (28/9/2019).

Ditambahkan Swesti, di Kantor KI Sumbar terdapat ruang sengketa informasi. Ruang ini nantinya menjadi tempat sidang antara pemohon informasi dengan badan publik. Dirinya berharap ke depannya di ruang sengketa informasi tidak ada kegiatan.

Jika ruang sengketa nihil kegiatan persidangan, ini menjadi indikator bahwa PPID kabupaten / kota sangat reponsif dan bekerja baik, dapat melayani publik yang mengajukan permohonan informasi.

"Sebaliknya, jika ruang sengketa informasi ada aktivitas, ini menandai bahwa ada publik yang tidak puas terhadap kinerja PPID,” terangnya.

Sisi lain, Pemerintah Kota Padang menyambut baik diresmikannya Kantor KI Sumbar. Letaknya yang cukup strategis dan representatif tentunya akan memudahkan fungsi dan pembinaan, serta penilaian kepada PPID kabupaten / kota di Sumbar. Termasuk memudahkan dalam memfasilitasi sengketa informasi.

“Dengan menempati kantor baru ini akan sangat memudahkan akses publik yang bersengketa. Mewakili Pemko Padang, kami mengucapkan selamat atas telah ditempatinya kantor baru ini,” pungkas wanita berkacamata ini.(MC Padang / Chandra/toeb)

 

Diskominfo Kota Padang