22 Oct 2019 | 16:05

Sistem Informasi & Dokumentasi Publik Kota Padang

20 Ibu Rumah Tangga Dibekali Keterampilan Menjahit

Di posting tanggal : 03 Oct 2019

Padang, InfoPublik - Dua puluh Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat,  mendapat pelatihan keterampilan menjahit dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang, Rabu (2/10).

Kegiatan yang diadakan di Aula Kantor Lurah ini, dibuka langsung oleh Kepala Disnakerin Kota Padang Yunisman, dan direncanakan akan berlangsung selama tiga hari.

Dalam sambutannya, Yunisman mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu program penciptaan 10.000 wirausaha baru yang diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kota Padang sekarang sedang berbenah untuk mewujudkan visi Kota Padang menjadi Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata yang sejahtera, religius dan berbudaya," ujarnya.

Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan para IRT tersebut mampu menghasilkan produk yang bisa bernilai ekonomi.

Pemerintah melalui Disnakerin akan membantu memasarkan produk hasil kerajinan tersebut melalui jaringan UMKM maupun dengan mengikutkan produk tersebut di pameran maupun expo.

Sementara itu, Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya mengatakan, peserta pelatihan menjahit ini berasal dari RT/RW yang ada di kelurahannya.

"Peserta diambil berdasarkan Basis Data Terpadu Kelurahan yang telah dipantau oleh penggiat PKK Kelurahan. Para peserta memang berasal dari keluarga kurang mampu, namun mempunyai kemauan untuk meningkatkan ekonomi keluarga," ujar Fajri.

Selain mendapat pelatihan, para peserta juga akan diberikan bantuan berupa mesin jahit sebagai modal usaha. (MC Padang/RA/toeb)

Diskominfo Kota Padang